Informasi Penting Seputar Lemari Filling Cabinet

Filling Cabinet Drawer sumber Fine Art America

Menyimpan file-file kerja untuk perusahaan pasti menjadi urusan tersendiri yang penting untuk dilakukan. Apalagi jika terdapat dokumen rahasia yang tidak boleh rusak. Karena itu, produsen furniture memproduksi lemari filling cabinet yang memudahkan urusan menyimpan file-file penting ini.

Harga filling cabinet ini bermacam-macam bergantung pada bahan pembuatannya serta desain dan ukurannya. Selain itu terdapat juga jenis filling cabinet yang berbeda-beda karena berbeda fungsi filling cabinet yang digunakan. Lantas, seperti apa pentingnya tempat penyimpanan file yang sering dijadikan furniture kantor ini?

Lemari Filling Cabinet

Apakah Anda termasuk salah satu yang sedang mencari harga lemari filling cabinet? Tersedia bermacam harga filling cabinet bergantung pada jenis dan ukurannya. Sebelum itu tidak ada salahnya untuk mengetahui lebih jauh apa sebenarnya yang dibutuhkan sehingga diproduksilah filling cabinet.

Arsip serta berbagai dokumen penting yang merupakan kumpulan dari berbagai file yang kebanyakan dicetak menggunakan kertas seringkali terkumpul. Untuk sebuah instansi berbagai dokumen ini ada yang sangat penting, rahasia dan tidak boleh hilang. Lantas bagaimana untuk menjaganya? Perlu dilakukan pengaturan untuk menyimpannya.

Agar berbagai file penting bahkan rahasia ini tersimpan dengan baik, teratur serta terlindungi maka terdapat lemari filling cabinet. Dengan menggunakan lemari ini, berbagai dokumen dapat disusun dengan berbagai macam cara serta terlindungi dari pengaruh lingkungan disekitarnya sehingga tidak mudah rusak dan dapat terjaga bertahun lamanya.

Filling Cabinet sumber Junk Doctor
Filling Cabinet sumber Junk Doctor

Untuk lebih mengerti, berikut beberapa fungsi dari lemari ini :

1. Menyimpan Berbagai Dokumen

Tentu saja sebagaimana fungsi lemari pada umumnya merupakan tempat penyimpanan. Namun tidak semua lemari cocok untuk menjadi tempat penyimpanan dokumen dalam bentuk kertas dan semacamnya. Nah, filling cabinet merupakan lemari yang didesain untuk menyimpan dokumen sejenis ini.

2. Memudahkan Pengaturan Dokumen

File atau dokumen yang bentuknya kertas memang mudah disimpan namun sulit untuk diatur untuk dapat digunakan kembali. Karena kertas berbentuk tipis dan dapat terselip kemana saja. Karena itu cabinet ini merupakan penyimpanan yang memungkinkan untuk menyimpan dokumen, mengelompokkannya misalnya berdasarkan nama dan tanggal, serta memudahkan saat dokumen diperlukan untuk diambil kembali.

3. Melindungi Dokumen

Faktor keamanan juga salah satu yang tidak boleh dilupakan. Perlindungan bagi dokumen dengan kunci dan password serta tempat penyimpanan yang kokoh bahkan tidak terbakar adalah tempat yang berupa filling cabinet. Lemari penyimpanan dokumen ini bahkan ada yang selayaknya seperti brangkas.

Jenis Filling Cabinet

Setelah mengerti definisinya serta fungsi dari salah satu dari jenis lemari ini, ketahui pula apa saja jenis filling cabinet. Jenis ini didesain juga untuk memudahkan penggunaan dari salah satu furniture kantor ini. Nah, apa saja jenis cabinet untuk menyimpan file ini?

Filling Cabinet Lateral – Lemari penyimpanan dokumen yang satu ini berbentuk balok yang tinggi dengan pintu buka tutup. Sehingga fungsi ini memiliki posisi lateral terhadap pemakainya.

Filling Cabinet Lateral sumber Zuri Furniture
Filling Cabinet Lateral sumber Zuri Furniture

Filling Cabinet Drawer – Sedangkan untuk jenis lainnya adalah drawer. Perbedaannya lemari ini tempat penyimpanannya tidak buka tutup namun digeser keluar dan ke dalam. Drawer ini bisa jadi lebih memudahkan untuk memeriksa file yang tersimpan karena dokumen dapat digeser keluar semuanya tanpa harus mengambilnya.

Filling Cabinet Lateral dan Drawer – Selain itu adalah cabinet yang tempat penyimpanannya terdiri dari tingkat dengan pintu dan dapat ditarik keluar rak penyimpanan dokumennya. Karena itu jenis ini merupakan campuran antara tipe lateral dan drawer.

Mengatur Filling Cabinet

Bagaimana petunjuk penyimpanan file yang teratur? Tentu saja tidak sekedar diletakkan di dalam lemari filling cabinet begitu saja. Ada yang perlu dibuat mulai dari nomor, nama juga pengelompokan dokumen dengan folder. Berikut beberapa tipsnya.

1. Cantumkan Keterangan Dokumen

Berdasarkan kebutuhan penyimpanan file Anda, apa informasi yang Anda butuhkan sebagai keterangan pada file atau dokumennya? Bisa saja cukup sekedar nomor file. Namun bagi sebagian pihak dibutuhkan juga keterangan berupa nama file, tanggal masuk file dan jenis dokumennya. Karena itu cantumkan nama file menggunakan tulisan, sticker atau paper clip.

2. Buat Folder Dokumen

Folder merupakan sub tempat penyimpanan berbagai dokumen. Artinya, berbagai dokumen ditempatkan pada tempat penyimpanan tertentu dalam lemari penyimpanan file. Karena itu disebut folder.

Filling Cabinet Lateral sumber Zuri Furniture
Filling Cabinet Lateral sumber Zuri Furniture

Folder dapat membantu pengguna filling cabinet untuk mengelompokkan file atau dokumen berdasarkan kategorisasinya. Karena setiap dokumen atau file pasti berbeda-beda sehingga perlu diketahui kategorinya. Jika terkumpul beberapa dokumen dengan kategori yang sama, simpan pada satu tempat (folder) pada lemari.

3. Organisir Letak Dokumen

Setelah pengelompokan dokumen atau file, satu hal lagi yang tak kalah penting adalah mengorganisir letak dokumen. Mengapa perlu diorganisir letak dokumen atau file ini? Bukankah tempat penyimpanannya saja sudah cukup?

Untuk beberapa teknis pekerjaan, terdapat file yang sering digunakan dan disimpan. Terdapat juga file atau dokumen yang perlu disimpan dalam waktu lama dan baru digunakan setelah beberapa saat. Inilah yang memerlukan organisasi untuk penyimpanannya.

Cara melakukan organisasi penyimpanan ini bisa berupa letaknya, dimana file atau dokumen yang prioritas diletakkan paling atas atau paling depan. Bisa juga dengan cara lainnya yang sesuai dengan kemudahan Anda. Itulah cara mengorganisir dokumen pada lemari filling cabinet.

Nah, itulah berbagai informasi seputar filling cabinet yang perlu dipahami. Dengan begitu sebagai pengguna kita mengerti filling cabinet seperti apa yang kita butuhkan. Termasuk bagaimana cara penyimpanan file dengan baik. Semoga ulasan ini dapat bermanfaat untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *