Butuh bantuan? Hubungi admin disini

Ciri Khas Gaya Interior Bohemian yang Unik dan Menarik

Konsep desain Bohemian, sumber handalselaras.com

Gaya interior bohemian tentunya masih sangat jarang diketahui oleh kebanyakan orang. Terutama bagi Anda yang tidak terlalu mengikuti perkembangan dari desain interior rumah. Gaya interior ini memberikan tampilan rumah terlihat lebih unik dan menarik. Sehingga, rumah akan memiliki ciri khas bila dibandingkan dengan gaya interior lainnya.

Jika Anda ingin menggunakan gaya interior bohemian untuk diaplikasikan pada rumah. Penting untuk mengetahui lebih dalam lagi mengenai gaya interior ini karena, dalam pengaplikasiannya tidak dilakukan begitu saja. Anda perlu mengetahui apa saja yang menjadi ciri khas dari gaya interior ini sehingga, bisa dipadu-padankan dengan konsep rumah lebih mudah.

Untuk menghilangkan rasa penasaran Anda tentang gaya interior bohemian langsung saja simak artikel ini sampai akhir ya!

Mengenal Gaya Interior Bohemian

Konsep desain Bohemian, sumber handalselaras.com
Konsep desain Bohemian, sumber: handalselaras.com

Gaya interior bohemian adalah gaya yang dekat dengan nuansa alam namun, menggambarkan gaya hidup yang non tradisional. Adanya unsur nuansa alam pada gaya interior ini dikarenakan untuk memberikan sentuhan yang lebih hidup. Karena gaya interior bohemian mengacu pada kepribadian yang bebas. Artinya  itu menggambarkan kehidupan yang ketidakaturan dan ketidakpastian.

Ternyata gaya interior bohemian berawal dari pertengahan tahun 1800-an. Istilah bohemian pada awalnya identik dengan kata “Gipsi” yang digunakan sebagai sebutan bagi mereka yang meninggalkan Bohemia di Eropa pada kala itu. Hal ini dikarenakan banyak dari mereka yang tidak suka hidup dengan aturan yang kaku. Sehingga mereka dikenal dengan kaum Nomaden  yang tidak suka menetap pada suatu tempat dalam jangka waktu lama.

Singkat cerita gaya interior ini hadir dikarenakan suasana yang dibuat spontan dan memanfaatkan berbagai jenis benda yang ada. Sehingga gaya interior ini lebih dikenal dengan gaya yang tidak memiliki kepastian. Dimana, desain interior rumah yang dibuat sesuai sikap kepribadian yang bebas. Jadi, pemilik rumah bisa mendesain interior rumah secara spontan dari imajinasi yang dimiliki atau sebuah desain yang dibayangkan.

Ciri Khas Gaya Interior Bohemian

Dari setiap gaya interior dari rumah pasti memiliki ciri khasnya masing-masing begitu juga dengan gaya interior bohemian. Ada beberapa sentuhan menarik dan unik dari gaya interior ini sehingga, dapat menarik banyak perhatian bagi siapa saja yang melihatnya.

Berikut ini bisa Anda simak beberapa ciri khas gaya interior bohemian yang diantaranya:

1. Banyak Menggunakan Jenis Furniture Vintage

Furniture vintage, sumber bk.asia-city.comntage, sumber bk.asia-city.com
Furniture vintage, sumber: bk.asia-city.com

Furniture bohemian biasanya sudah terlihat tua atau lama tidak digunakan. Inilah yang menjadi ciri khas penggunaan furniture pada gaya interior bohemian. Desain furniture yang lebih sering digunakan adalah bergaya vintage. Disamping itu, juga penggunaan furniture bergaya etnik juga sering disandingkan untuk memperkuat suasana interior bohemian lebih terasa. Salah satunya yang cocok digunakan adalah gothic furniture.

Penggunaan furniture vintage juga memberikan tampilan yang unik dan menarik. Dari sini pemilik rumah akan merasakan adanya kebebasan dalam melakukan berbagai sentuhan konsep rumah dengan gaya interior ini. Biasanya juga banyak aksen tambahan yang digunakan untuk memberikan ragam warna dan motif agar terlihat lebih cantik.

2. Tidak Memiliki Aturan Warna Tertentu

Berbeda dengan gaya interior lainnya yang memiliki warna tertentu yang menggambarkan dari identitasnya. Gaya interior bohemian tidak memiliki aturan warna tertentu. Inilah juga menjadi salah satu latar belakang dari adanya unsur kebebesan dalam mengaplikasian gaya interior ini.

Dalam pemilihan warna biasanya akan disesuaikan dengan konsep desain rumah yang diinginkan. Namun, pada umumnya warna dari gaya interior ini paling sering dijumpai berwarna netral. Hal ini disebabkan dari penggunaan pernak-pernik atau hiasan dinding yang sering digunakan.

3. Sering Menggunakan Kain Bermotif dan Berpola

Ciri khas interior bohemian dengan kain bermotif, sumber inspirasirumahku.com
Ciri khas interior bohemian dengan kain bermotif, sumber :inspirasirumahku.com

Salah satu ciri khas yang membuat gaya interior sangat berbeda dengan jenis gaya interior lainnya. Dimana, hampir disetiap elemen furniture atau lainnya menggunakan kain motif dengan pola. Biasanya sering diaplikasikan pada bantal, karpet, gorden, kursi, dan sebagai sebuah pelapis (cover). Motif dan pola yang digunakan biasanya memiliki kesamaan yang membedakannya hanya pada penggunaan aksesoris pelengkapnya.

Walaupun gaya interior ini didasari dari kebebasan namun, dalam kesarasian atau penyelarasan tetap diperhatikan. Karena kerapian menjadi salah satu hal penting yang juga turut diperhatikan. Inilah yang membuat tampilan dari gaya interior ini tetap terlihat unik dan menarik. Unsur kebebasan dalam mengaplikasikan gaya interior ini tidak digunakan asal-asalan.

4. Memiliki Pencahayaan Ruangan yang Baik

Cahaya pada interior gaya bohemian juga diperhitungkan dengan baik untuk dapat memberikan suasana ruangan yang lebih menyatu. Pengaturan cahaya baik yang berasal dari luar ruangan (cahaya matahari) dan dalam ruangan yang berasal dari lampu. Diatur sedemikian rupa untuk dapat memberikan pecahayaan yang seimbang dan tidak berlebihan.

Cahaya yang berasal dari luar dan dalam dapat memberikan suasana yang lebih nyaman. Karena kontras dari cahaya sudah diatur agar tidak terlalu terang atau redup sehingga,  cahaya di dalam rumah dapat menyatu dengan baik. Disisi lain juga mata tidak akan cepat merasa sakit karena keseimbangan cahaya yang sudah diatur.

5. Banyak Menggunakan Aksesoris

Jika dilihat gaya interior bohemian banyak menggunakan aksesoris sebagai pelengkap dari ciri khasnya. Inilah mengapa gaya interior ini unik dan menarik karena banyak sentuhan tambahan. Penggunaan aksesoris yang digunakan biasanya bergaya etnik atau jadul. Aksesoris yang sering digunakan seperti patung, tanaman, kayu-kayu gantung, karpet bermotif, guci, lukisan, dan lain sebagainya.

Dalam penggunaan aksesoris juga tidak begitu saja digunakan tanpa adanya pertimbangan dan penyesuaian dengan konsep rumah. Sehingga banyak menggunakan aksesoris namun, masih bisa terlihat rapi dan tidak ada unsur berantakan.

6. Terdapat Tanaman Hijau di Dalam Ruangan

Menghadirkan unsur tanaman hijau pada interior rumah, sumber rumah123.com
Menghadirkan unsur tanaman hijau pada interior rumah, sumber: rumah123.com

Ciri khasnya yang terakhir adalah penggunaan tanaman hijau di dalam ruangan rumah. Gaya interior bohemian juga terkenal dengan adanya sentuhan nuansa alam. Sehingga pasti pada gaya interior ini pasti menggunakan tanaman hijau untuk menghadirkan sentuhan alam. Untuk jumlah dan ukuran tanaman hijau pun disesuaikan agar tetap proporsional dan menyatu dengan konsep desain rumah.

Itulah gaya interior bohemian yang unik dan menarik untuk dijadikan sebagai pilihan interior terbaik bagi Anda yang suka dengan kebebasan dalam berkreasi. Dibalik unsur kebebasannya juga terdapat kerapian yang juga diperhatikan. Pada dasarnya penggunaan furniture interior menjadi salah satu unsur yang penting pada gaya interior ini.

Semoga dengan berbagai penjelasan dari informasi yang sudah disampaikan dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda. Jangan lupa untuk tetap selalu update informasi menarik lainnya hanya di laman Santi Mebel Godean.

Leave a Reply

Your email address will not be published.