Keunikan Gazebo Joglo, Tempat Bersantai Bernuansa Rumah Adat

Keunikan dari bangunan gazebo, Sumber: hearstapps.com

Bagi sebagian orang, tempat yang dipilih untuk bersantai dan melepas lelah adalah gazebo. Gazebo juga merupakan tempat yang sering digunakan untuk berkumpul bersama anggota keluarga. Salah satu model gazebo yang terkenal adalah gazebo Joglo. Kira-kira apa yang membuat model gazebo ini terasa unik dibandingkan dengan model gazebo lainnya?

Gazebo atau yang juga dikenal dengan sebutan pendopo dan saung merupakan sebuah struktur bangunan yang dirancang khusus sebagai tempat berteduh dan berlindung dari teriknya sinar matahari maupun air hujan. Peletakkan gazebo biasanya berada pada halaman rumah depan atau belakang, menyesuaikan dengan lahan kosong yang ada di rumah.

Pada umumnya pembuatan gazebo menggunakan bahan dasar kayu dan bambu. Terdapat aneka desain dan model gazebo yang dapat Anda aplikasikan untuk menghiasi halaman rumah Anda. salah satunya adalah model gazebo Joglo yang memberikan suasana tradisional sebab mengusung simbol dari adat Jawa Tengah.

Fungsi dari Bangunan Tambahan “Gazebo”

Fungsi gazebo, Sumber: google.com
Fungsi gazebo, Sumber: google.com

Sebagaimana yang disebutkan sebelumnya, bangunan gazebo dibuat dengan tujuan untuk memberikan area berteduh tambahan ketika berada di halaman rumah. Namun, tidak hanya itu saja. Fungsi lain dari gazebo antara lain untuk menambah nilai estetis dari sebuah rumah. Dengan adanya bangunan tambahan tersebut, maka halaman rumah Anda menjadi lebih terlihat berbeda.

Halaman rumah biasanya hanya digunakan untuk bertanam atau untuk meletakkan jemuran portable. Padahal, area halaman rumah dapat dimanfaatkan dengan berbagai cara. Maka dari itu, dengan adanya bangunan tambahan seperti gazebo, tentunya akan memberikan kesan unik tersendiri pada hunian kesayangan Anda.

Selain itu, area gazebo juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat bermain, bersantai dan berkumpul bersama anggota keluarga. Tentunya, berkumpul di dalam ruangan sudah menjadi hal yang biasa, namun jika memanfaatkan area luar rumah, tentunya akan memberikan suasana yang jauh lebih berbeda sebab langsung bersentuhan dengan alam.

Pemilihan model gazebo yang memiliki unsur dari adat tertentu seperti model gazebo Joglo juga berfungsi sebagai penanda bahwa pemilik rumah menyukai hal-hal yang berhubungan dengan adat dan budaya yang ada di Indonesia. Jadi, fungsi gazebo tidak hanya digunakan sebagai area tempat bersantai tetapi juga bisa sembari mengenalkan budaya dan adat istiadat yang dimiliki oleh pemilik rumah.

Keunikan yang Dimiliki Bangunan Gazebo Joglo

Diantara banyaknya model gazebo yang tersedia saat ini, gazebo Joglo memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh model gazebo lainnya. Dari keunikan itulah yang dapat menjadi daya tarik tersendiri sehingga bisa memberikan ciri khas yang membedakan dari hunian lainnya.

Inspirasi gazebo dari desain bangunan rumah Joglo, Sumber: rumah.com
Inspirasi gazebo dari desain bangunan rumah Joglo, Sumber: rumah.com

Beberapa keunikan yang dapat dilihat dari bangunan gazebo Joglo antara lain adalah sebagai berikut:

Struktur Atap yang Mengikuti Struktur Rumah Joglo

Karakteristik dari atap gazebo Joglo dapat dikatakan mirip seperti yang digunakan untuk rumah Joglo pada umumnya. Atap gazebo dibentuk menyerupai sebuah gunung dengan bagian puncaknya dibuat mendatar atau yang disebut dengan istilah tajug. Pemilihan dari jenis bahan yang digunakan untuk bagian atas antara lain adalah atap sirap kayu ulin dan genteng tanah liat.

Memiliki Filosofi Sejarah

Hal utama yang membuat gazebo joglo unik adalah model gazebo ini didesain dengan dilatarbelakangi sebuah filosofi. Misalnya saja, jika dilihat dari bentuk atapnya yang menyerupai gunung, bentuk tersebut diambil dari pendapat masyarakat yang mengatakan bahwa gunung dianggap sebagai tempat yang cukup sakral oleh masyarakat pada zaman tersebut.

Selain itu, bagian terasnya juga memiliki filosofi lain yaitu menggambarkan bahwa sesama masyarakat yang bertetangga hendaknya selalu menjalin silaturahmi dan menjadikan teras tersebut sebagai sarana interaksi sosial.

Keseluruhan Bangunan Membuat Gazebo Joglo Antik

Jika ada sebagian desain gazebo yang dibuat untuk memperlihatkan kesan modern, maka gazebo Joglo lebih mengusung tema tradisional, dengan alasan melestarikan kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat Jawa.

Hal tersebut dapat terlihat dari jenis bahan-bahan yang digunakan, misalnya seperti kayu jati, bambu, dan warna-warna coklat kayu yang sangat sering ditemukan pada bangunan-bangunan di Jawa dan sekitarnya.

Model Gazebo Joglo yang Sering Dijual di Pasaran

Apabila Anda masih belum mendapatkan referensi mengenai model gazebo Joglo yang cocok untuk dibangun di halaman rumah Anda, bisa jadi pilihan-pilihan berikut ini bisa membantu dalam mengambil keputusan.

1. Model Gazebo Joglo Jogja

Model gazebo ini merupakan salah satu model yang sering dicari oleh orang-orang. Bentuknya yang minimalis namun tetap memberikan kesan antik dan unik sangat cocok untuk menghiasi halaman rumah Anda.

Kayu kelapa yang digunakan untuk membuat gazebo joglo, Sumber: courtina.id
Kayu kelapa yang digunakan untuk membuat gazebo, Sumber: courtina.id

Bahan untuk membuat Gazebo Joglo Jogja ini dapat menggunakan jenis bahan dari kayu kelapa. Dengan finishing yang menggunakan bahan anti rayap dan jamur, maka Anda tidak perlu khawatir soal ketahanan dan keawetan dari bangunan gazebo ini.

Kisaran harga gazebo Joglo dengan model yang minimalis seperti ini dibandrol dari Rp. 8.000.000 hingga Rp. 9.000.000 per bangunan.

2. Model Gazebo Tumpang Sari Joglo

Ciri khas atap gazebo tumpang sari, Sumber: tokopedia.com
Ciri khas atap gazebo tumpang sari, Sumber: tokopedia.com

Jika dibandingkan dengan model gazebo sebelumnya, model gazebo tumpang sari ini lebih terkesan mewah sebab terdapat banyak ukiran-ukiran yang menghiasi bagian tiang-tiang yang menopang bangunan ini. Bentuk dari atapnya juga lebih menyerupai atap rumah Joglo pada umumnya.

Jika dilihat dari spesifikasi yang ada pada model gazebo ini, maka harga gazebo Joglo yang dipatok untuk pembuatannya berkisar Rp. 25.000.000 per bangunan.

3. Model Gazebo Joglo Kayu Jati

Gazebo kayu jati, Sumber: rumahmebel.id
Gazebo kayu jati, Sumber: rumahmebel.id

Seperti yang diketahui bahwa bahan bangunan yang terbuat dari kayu jati bisa dikatakan memiliki keawetan yang cukup lama. Maka dari itu, tidak heran rasanya jika model kursi teras, meja taman, maupun gazebo juga menggunakan bahan dasar dari kayu jati. Keunikan dari bangunan gazebo satu ini adalah dilihat dari sentuhan ukiran Majapahit yang sangat mewah.

Kisaran harga dari pembuatan gazebo ini sebenarnya tergantung dari tingkat kerumitan dan besar ukuran bangunannya. Untuk kisaran harganya mulai dari Rp. 27.000.000 hingga mencapai Rp. 35.000.000 per bangunan.

Demikianlah tadi ulasan singkat mengenai keunikan yang dimiliki oleh bangunan tambahan gazebo Joglo. Sebenarnya untuk menghiasi halaman rumah dapat menggunakan berbagai cara. Untuk menemukan furnitur yang cocok, Anda dapat mengunjungi Santi Mebel dan melihat aneka furnitur dengan berbagai model yang dijamin kualitasnya. Tunggu apa lagi?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *