Butuh bantuan? Hubungi admin disini

Jenis-jenis Exhaust Fan : Informasi Penting!

Jenis-jenis exhaust fan, Sumber : blog.spacestock.com

Ketika mendesain sebuah ruangan tidak hanya warna cat saja yang harus dipertimbangkan, namun anda juga harus mempertimbangkan mengenai sirkulasi udara. Saat ruangan tersebut memiliki sirkulasi udara yang buruk, maka akan menyebabkan ruangan terasa pengap. Selain itu, membuat siapa saja yang berada di ruangan tersebut merasa tidak nyaman. Oleh sebab itu, penting untuk mengenali jenis-jenis exhaust fan yang dapat membantu anda untuk mendapatkan sirkulasi udara yang baik.

Sirkulasi udara yang baik dapat diciptakan melalui banyak cara, misalnya saja membuat ventilasi seperti jendela. Namun jika ada kondisi yang tidak memungkinkan untuk membuat jendela, maka memiliki exhaust fan dapat menjadi salah satu pilihan anda. Jika sirkulasi udara di rumah anda buruk, dapat menyebabkan masalah pada kesehatan anda maupun keluarga. Misalnya saja seperti sakit flu, alergi, asma, dan lainnya. Rumah yang sehat sudah pasti akan membuat anda dan keluarga semakin betah tinggal di dalam rumah.

Ada sebagian orang yang menganggap bahwa dengan menambah exhaust fan menjadikan tampilan rumah menjadi buruk. Tetapi anggapan tersebut salah, anda dapat memadu padankan exhaust fan anda dengan desain interior rumah anda. Selain itu anda juga dapat menyesuaikannya dengan berbagai furniture yang anda miliki. Anda dapat membeli berbagai jenis furniture yang menawan di Mebel Jogja untuk memilih serta menyesuaikan sendiri dengan yang anda inginkan.

Jenis-jenis exhaust fan, Sumber : blog.spacestock.com
Jenis-jenis exhaust fan, Sumber : blog.spacestock.com

Macam-macam Exhaust Fan

Ada jenis-jenis exhaust fan yang perlu anda ketahui, agar dapat anda sesuaikan dengan kebutuhan yang anda perlukan. Selain itu, anda perlu menyesuikan pula dengan konsep dan tema dari interior anda. Karena ada banyak pilihan dari exhaust fan yang dapat anda jadikan referensi, yang telah kami rangkumkan di bawah ini.

1. Exhaust Fan Dinding

Model exhaust fan dinding ini paling sering ditemui di Indonesia, exhaust fan ini memiliki proses pemasangan yang cukup mudah. Dilengkapi dengan cara kerja yang sederhana, exhaust fan ini dapat menghilangkan udara kotor, serta bau tak sedap dengan cara membuangnya ke luar rumah tanpa harus memasang saluran pipa. Exhaust fan yang dipasang pada dinding ini sebaiknya berhadapan langsung dengan area yang terbuka.

Biasanya cocok dipasang pada ruang makan atau dapur yang dapat memungkinkan untuk anda menikmati udara bersih, dengan menambahkan tampilan yang terlihat modern pada ruangan tersebut. Dari segi harga untuk ukuran 8 inci dipatok dengan harga berkisar Rp 220.000, 10 inci sekitar Rp 250.000, dan ukuran 12 inci diharga Rp 330.000. Namun untuk harga tersebut dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung dengan tempat penjualannya.

Exhaust fan dinding, Sumber : hipwee.com
Exhaust fan dinding, Sumber : hipwee.com

2. Inline Exhaust Fan

Berbeda dengan jenis lainnya, inline exhaust fan ini terdiri dari beberapa komponen, diantaranya yakni saringan dalam, saringan luar, kipas penyedot, dan pipa. Tujuannya agar dapat menghisap uap air serta udara kotor dari ruangan yang tidak memiliki akses udara ke ruangan yang terbuka di luar bangunan. Exhaust fan ini dipasang di tengah saluran yang menghubungkan saringan dalam dengan saringan luar. Supaya dapat memungkinkan suatu ruangan untuk terhubung ke area yang lebih terbuka.

Udara kotor dalam ruangan akan dikeluarkan melalui saluran, sehingga menjaga udara di dalam ruangan tersebut tetap bersih meskipun ventilasi anda hanya sedikit. Maka dari itu, jenis ini sangat cocok apabila digunakan di kamar mandi maupun ruangan yang terisolasi dari luar. Untuk kisaran harga dari inline exhaust fan yang ditemukan dari beberapa sumber, dijual dengan kisaran harga mulai dari Rp 250.000 hingga Rp 650.000.

Inline exhaust fan , Sumber : youtube.com
Inline exhaust fan , Sumber : youtube.com

3. Exhaust Fan Langit-langit

Jenis exhaust fan ini sangat cocok diletakkan di plafon ruangan yang tidak ada area terbukanya, misalnya saja seperti dapur. Model exhaust fan ini terhubung dengan saluran pembuangan udara yang bernama Mechanical Ventilation Heat Recovery System (MVHR), yang dapat anda letakkan pada bagian loteng dan pada bagian pipanya sebagai penyalur udara ke luar ruangan yang terbuka.

Sebelum menggunakannya, anda harus memastikan bahwa luas ruangan telah sesuai dengan ukuran exhaust fan. Tujuannya agar proses pertukaran udara tersebut dapat berjalan secara optimal. Untuk harga yang dipatok dari exhaust fan ini beragam karena ukurannya juga bervariasi. Harga dari exhaust fan langit-langit berukur 8 inci dipatok dengan harga sekitar Rp 150.000. Sedangkan, ukuran 10 inci berkisar mulai dari harga Rp 225.000, kemudian ukuran 12 inci sekitar Rp 350.000.

Exhaust fan langit-langit, Sumber : hipwee.com
Exhaust fan langit-langit, Sumber : hipwee.com

4. Exhaust Fan Jendela

Untuk mendapatkan udara yang segar di ruangan seperti kamar, ruang tamu maupun ruang keluarga, anda dapat menggunakan exhaust fan jendela sebagai pilihannya. Model tersebut dapat anda pasangkan pada jendela kaca yang memiliki ketebalan berkisar 3 hingga 7 mm. Selain itu, pastikan jendela yang akan anda pasangi exhaust fan menghadap ke area terbuka. Tujuannya agar udara kotor dari dalam ruangan dapat langsung dibuang keluar ruangan.

Namun, jika anda memilih memasang exhaust fan tersebut pada ruangan yang tidak berhadapan dengan area yang terbuka, maka pastikan untuk memasangnya berhadapan langsung pada ruangan yang memiliki ukuran lebih besar. Untuk perkiraan harga dari exhaust fan di pasaran berkisar mulai dari Rp 300.000 hingga Rp 400.000.

Exhaust fan jendela, Sumber : idea.grid.id
Exhaust fan jendela, Sumber : idea.grid.id

5. Exhaust Fan Dapur

Untuk detailnya, exhaust fan dapur atau cooker hood ini dipasang di atas alat memasak seperti kompor. Model tersebut bekerja untuk menyingkirkan asap, uap, serta bau yang dihasilkan dari proses memasak di area dapur. Selain itu dapat memaksimalkan kinerja dari exhaust fan itu sendiri pada plafon maupun dinding, agar asap kotor lebih cepat dihilangkan.

Karena keunggulannya yang dapat menyingkirkan asap dapur secara langsung, jenis exhaust fan ini dipatok dengan harga yang lumayan mahal, yaitu berkisar Rp 1.100.000 hingga Rp 2.800.000. Bahkan, ada juga yang berkisar di harga Rp 5.000.000 hingga Rp 9.000.000. Semua harga tersebut tergantung dari ukuran, kinerja, serta merek yang akan anda gunakan.

Exhaust fan dapur, Sumber : interiorbooster.id
Exhaust fan dapur, Sumber : interiorbooster.id

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai jenis-jenis exhaust fan. Semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda. Selain itu anda juga bisa mendapatkan informasi menarik seputar inspirasi dari lemari pakaian sliding door maupun informasi lainnya pada laman website kami.

Leave a Reply