Jenis Kasur Berdasarkan Bahannya yang Bermanfaat Diketahui

Kasur Hybrid sumber Nectar Sleep

Untuk Anda yang sedang mencari kasur busa Jogja, ketahui terlebih dahulu jenis kasur yang pernah ada. Ternyata bukan hanya jenis kasur busa saja, namun terdapat jenis kasur lainnya yang memiliki manfaat tersendiri dan harga yang berbeda. Seperti apa bahan jenis kasur ini?

Furniture adalah produk yang dari awal mula ditemukan hingga saat ini terus mengalami perubahan-perubahan. Dilihat dari bahannya hingga fungsinya berbagai furniture ini memang dikembangkan karena kebutuhan manusia. Salah satu yang terus berubah adalah kasur sebagai furniture yang dipakai untuk tidur.

Jenis Kasur

Banyak konsumen yang saat ini mencari furniture kasur busa Jogja. Padahal jenis kasur busa hanyalah salah satu diantara berbagai jenis kasur yang pernah ada. Nah, bagi Anda para konsumen furniture rumah tangga, tidak ada salahnya untuk mengetahui berbagai jenis kasur melalui ulasan di bawah ini.

Kasur Kapuk

Kasur Kapuk sumber Inthebox
Kasur Kapuk sumber Inthebox

Kapuk merupakan produk dari salah satu tanaman yang menghasilkan kapas. Jenis kasur kapuk merupakan kasur yang didalamnya terdapat hasil dari tanaman ini yaitu kapuk atau kapas. Tidak semua negara memiliki tanaman seperti ini.

Di Indonesia kapuk merupakan tanaman atau pohon yang dapat tumbuh di berbagai daerahnya. Karena itu jenis kasur kapuk merupakan tempat tidur yang sering dipakai sejak masa dahulu dan masih bertahan meskipun tidak banyak hingga saat ini. Untuk harganya relatif masih lebih murah dibandingkan dengan jenis tempat tidur lainnya.

Namun kasur yang satu ini memang perlu dirawat secara khusus dan mungkin tidak bertahan sangat lama. Karena kapas di dalamnya yang dapat berkurang ketebalannya serta dalam waktu yang sangat lama bisa mengeras, tidak empuk lagi. Sehingga perawatannya memang perlu diperhatikan secara khusus.

Spring Bed

Spring Bed sumber Spring Air
Spring Bed sumber Spring Air

Sebagaimana namanya, jenis kasur yang satu ini memang menggunakan pegas(spring) didalamnya. Tujuannya agar lebih empuk sehingga memberikan kenyamanan. Jenis pegas yang digunakan tentu saja dibuat secara khusus agar tidak berbahaya saat digunakan.

Bagi sebagian kalangan, kasur spring bed digunakan untuk anak-anaknya karena usianya yang masih cenderung aktif serta banyak bergerak. Berada di atas spring bed menjadi lebih menyenangkan bagi anak-anak. Namun tujuan dari keberadaan furniture kasur tetaplah sebagai tempat tidur.

Busa (Foam)

Kasur Busa sumber Rumah123
Kasur Busa sumber Rumah123

Busa adalah material kasur yang memiliki ketebala serta kelembutan untuk mengikuti bentuk tubuh ketika digunakan sebagai tempat tidur. Karena itu jenis kasur busa bisa dikatakan menjadi salah satu yang paling laku di pasaran. Karena cenderung lebih murah dan lebih nyaman dibandingkan jenis kapuk.

Berbeda dengan spring bed meskipun sama-sama dapat mengikuti bentuk kontur badan saat digunakan, kasur busa tidak rumit karena tidak terdapat material seperti pegas di dalamnya. Kasur ini murni hanya menggunakan busa saja yang dibungkus dengan material bungkus kasur yang nyaman.

Latex

Kasur Latex sumber Suara.com
Kasur Latex sumber Suara.com

Jenis kasur latex merupakan tempat tidur baru yang menggunakan material berbeda dari yang lainnya. Material tersebut dinamakan latex yang bagi sebagian orang hal ini tidak begitu lumrah. Latex adalah material yang berupa karet.

Meskipun begitu, kasur latex juga dapat memberikan kenyamana serta kualitas tidur yang bagus. Bagi Anda yang alergi dengan karet, latex merupakan material karet yang anti alergi. Kasur ini juga dipercaya dapat menyembuhkan penyakit punggung.

Tidak sebagaimana spring bed yang memberikan tekanan dan kasur busa yang terlalu lembut, latex dapat memperbaiki bentuk bagian punggung atau tulang belakang kita. Karena itu memang ada penelitian yang menyebutkan bahwa produk kasur yang menggunakan material latex ini direkomendasikan jika memiliki masalah sakit pada punggung.

Memory Foam

Memory Foam sumber Luvina
Memory Foam sumber Luvina

Jenis kasur memory foam merupakan jenis tempat tidur yang berteknologi tinggi. Penggunaan materialnya diteliti serta dikembangkan agar dapat menjadi kelebihan tersendiri sebagai furniture tempat tidur. Peneliti dan pengembang produk yang satu ini adalah NASA yang dikenal sebagai badan antariksa negara amerika.

Kasur memory foam juga dapat mengikuti postur tubuh dengan sempurna sehingga cocok digunakan bagi para penderita penyakit punggung. Jenis kasur ini dapat menyebarkan beban berat tubuhmu secara merata. Berbeda dengan kasur busa yang “mengalah” dengan beban berat tubuh kita.

Air Matress

Air Matress sumber Napier Outdoor
Air Matress sumber Napier Outdoor

Jenis kasur yang satu ini merupakan tempat tidur yang digunakan untuk fleksibilitas seperti mudah dibawa kemana-mana. Itulah air matress yang merupakan tempat tidur dengan menggunakan udara sebagai penopangnya seperti prinsip balon yang diisi oleh udara. Lebih fleksibel karena apabila tidak digunakan lagi, udara dapat dikeluarkan dan kasurnya dapat dilipat dalam bentuk yang kecil sekali.

Untuk teksturnya, kasur angin ini tidak terlalu empuk namun masih cukup nyaman. Karena bagaimanapun tekanan angin tetap dapat menyesuaikan bentuk tubuh. Namun kekurangannya tidak dapat bersifat seperti pegas, hanya merupakan tekanan yang lembut saja.

Hybrid

Kasur Hybrid sumber Nectar Sleep
Kasur Hybrid sumber Nectar Sleep

Jenis tempat tidur atau kasur selanjutnya adalah kasur hybrid. Sebutan hybrid maknanya adalah kombinasi antara pegas pada spring bed dan lapisan lembut dari busa. Hal ini mungkin untuk menutupi kekurangan kasur spring bed elastisitasnya terkadang cepat berkurang bahkan menyebabkan bunyi apabila ditempati. Dibuatlah perpaduannya dengan menggunakan busa (foam).

Nah itu dia berbagai jenis tempat tidur yang sering ditemukan di pasar atau di toko furniture. Jenis kasur busa memanglah tetap yang paling laris karena lebih murah dan tahan lama, meskipun faktor kenyamanannya masih kalah dengan beberapa jenis lainnya. Semoga ulasan ini dapat memberikan wawasan tambahan untuk Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *