Butuh bantuan? Hubungi admin disini

Jenis Kursi Berikut Ini Menarik Untuk Diketahui

Ottoman sumber Castlery

Kursi merupakan salah satu penemuan manusia yang bermanfaat hingga kini. Seiring dengan perkembangan zaman, produk yang sering berpasangan dengan meja ini telah dibuat dalam berbagai jenis kursi. Apa saja jenis kursi yang pernah dibuat?

Santi Mebel adalah produsen furniture di Jogja yang melayani pesanan berbagai furniture khususnya sofa bed. Anda dapat memesan produk-produknya secara online maupun secara langsung di showroom pada alamat yang tertera di website. Simak ulasan seputar jenis kursi berikut ini.

Jenis Kursi

Berbagai bentuk kursi sebenarnya bukan sekedar estetika keanekaragaman bentuk produk kursi. Sebenarnya memang terdapat berbagai jenis kursi yang memiliki fungsi berdasarkan desainnya. Berikut berbagai jenis kursi yang ada.

1. Kursi Tunggal

Arm Chair sumber Rejuvenation
Arm Chair, sumber : Rejuvenation

Kursi tunggal adalah tempat duduk yang digunakan semata-mata sebagai tempat duduk saja. Biasanya keberadaannya sendiri dan dapat diletakkan dimanapun untuk berbagai keperluan. Tidak harus bersama meja yang biasanya menjadi “teman akrab” bagi kursi.

2. Kursi Makan

Sesuai dengan namanya, kursi ini khusus ditempatkan di ruang makan. Meskipun sudah disebutkan bahwa kursi tunggal-pun bisa digunakan untuk keperluan ini, kursi makan memiliki fungsi yang lebih dikhususkan untuk keperluan di ruang makan. Bentuk sandarannya khusus dibuat lebih tinggi dan dudukannya yang lebih mendatar akan membuat posisi duduk saat makan terasa lebih nyaman.

3. Arm Chair

Jenis kursi yang dilengkapi dengan sandaran tangan ini sangat umum ditemukan di dalam rumah. Desainnya yang simpel dan nyaman untuk digunakan membuat kursi ini cocok untuk ditempatkan di ruang tamu, ruang makan, atau bahkan ruang kerja. Jenis kursi yang satu inilah yang mungkin menjadi awal kursi sebagai kedudukan seseorang yang tinggi status sosialnya, yaitu dilengkapi dengan sandaran tangan.

4. Sofa

Produk yang juga menjadi tempat duduk yang satu ini dibuat lebih nyaman lagi serta berukuran yang lebih besar sesuai dengan kebutuhan. Bahkan, jenis kursi yang satu ini bukan hanya sebagai tempat duduk, bahkan bisa juga dijadikan tempat tidur karena memiliki lapisan yang tebal dan nyaman. Di samping itu, besarnya sofa bed ini memang bisa menopang tubuh manusia secara horizontal seperti saat tidur.

5. Side Chair

Kursi ini adalah jenis kursi tunggal yang memiliki sandaran belakang namun tanpa sandaran tangan (arm). Side chair biasa digunakan untuk beragam ruangan dan aktifitas karena bentuknya yang standar dan cenderung kasual. Kursi ini dapat kamu letakkan di ruang kerja, teras, dapur hingga ruang makan sebagai pendamping meja makan.

6. Ottoman

sofa bed friheten
sofa bed friheten, sumber Santi Mebel

Dibandingkan sebagai tempat duduk, Ottoman sebenarnya jenis kursi yang lebih layak sebagai sandaran. Kursi ini berbentuk kotak dan biasanya dijadikan pelengkap kursi. Misalnya diletakkan didepan kursi sebagai sandaran kaki.

7. Wing Back

Kursi ‘Wing Back’ memiliki perjalanan panjang selama tahun 1600-an di Inggris namun baru mulai terkenal pada tahun 1720. Awalnya kursi ini diciptakan untuk melindungi diri dari angin atau panas berlebihan saat duduk di depan perapian.

Kini Kursi Wing Back banyak digunakan di ruang baca karena sangat cocok untuk meletakkan kepala ketika membaca atau sekadar menyandarkan kepala untuk tidur siang. Selain karena fungsinya tersebut, kursi gaya ini boleh dibilang abadi dengan gayanya yang antik ditambah detail kancing pada bagian punggung menambah kesan mewah.

8. Slipper

Muncul pertama kali pada awal abad ke 18 di Eropa, kursi ini mempunyai dudukan lebih rendah daripada kursi pada umumnya. Zaman dahulu wanita mengenakan rok yang berlapis – lapis sehingga kesulitan ketika hendak memakai alas kaki maka Ia harus duduk di kursi lalu dibantu pelayannya untuk mengenakan sandal sutra atau sepatu di kamarnya. Oleh karena alasan inilah dinamakan kursi Slipper.

Pada tahun 1950-an, seorang dekorator asal Amerika yakni Billy Baldwin membawanya keluar dari kamar dan mendesain ulang kursi ini, memberikannya sentuhan moden. Kursi ini sudah digunakan di banyak hunian, fungsinya pun tidak lagi hanya untuk memakai sepatu, namun menjadi kursi tambahan yang bagus untuk ruangan yang agak kecil mengingat ukurannya yang juga tidak terlalu besar.

9. Chaise Lounge

Desain jenis kursi Chaise Lounge ini memanjang sehingga memungkinkan Anda untuk selonjoran dan meluruskan kaki serta punggung. Bentuknya yang melengkung ini sangat nyaman untuk seluruh tubuh karena menyesuaikan kelenturan tubuh manusia. Tidak heran jika Anda dapat tertidur pulas saat duduk di kursi ini.

Ottoman sumber Castlery
Ottoman sumber Castlery

10. Club Chair

Kursi dengan penumpu lengan dan sanderan yang rendah ini merupakan bentuk kursi yang popular di kalangan pria pada tahun 1850an di London. Ketinggian sandaran dan penumpu lengan yang sama membuat tampilan kursi ini menarik dan elegan. Awalnya kursi ini sendiri didesain menggunakan bahan kulit, namun di era modern ini, penggunaan kain pun juga dapat ditemui pada desain kursi ini.

Santi Mebel

Setelah membahas berbagai jenis kursi, Santi Mebel punya tawaran menarik untuk Anda. Yaitu berbagai jenis produk sofa bed yang bisa Anda pesan sekarang juga. Terdapat sofa bed bergaya Scandinavian, Bahama, Sofa Premium, Sofa Set Meja Venezia dan berbagai sofa bed lainnya. Tunggu apa lagi, segera pesan di situs online kami.

Semoga ulasan ini dapat memberikan wawasan menarik untuk Anda. Simak terus berbagai ulasan seputar furniture lainnya di halaman website furniture Jogja santi mebel. Jika terdapat pertanyaan, saran dan kritik, silahkan berikan di kolom komentar atau di nomor kontak yang tersedia.

Leave a Reply

Your email address will not be published.