Ketahui Berbagai Jenis Sofa dari Masa Lampau Hingga Kini

Victoria sumber Pinterest

Dari berbagai furniture yang menghiasi ruangan, sofa bisa dikatakan salah satu yang paling banyak diminati. Namun saat mengunjungi toko furniture, tersedia berbagai pilihan jenis sofa. Tahukah Anda perbedaan antara jenis sofa minimalis dan jenis sofa bed? Atau antara sofa ruang tamu dan sofa ruang keluarga?

Berbagai sebutan untuk furniture ini memang sering dikenal demikian. Namun gaya furniture ini sebenarnya mengacu pada konsep ruangan baik yang telah dikenal sejak masa lampau hingga yang modern. Jadi jenis sofa yang dipilih perlu menyesuaikan dengan konsep ruangan dimana sofa akan ditempatkan. Kenali berbagai jenisnya berikut ini.

Furniture Tempat Duduk Berbantal Lembut

Diantara berbagai jenis tempat duduk, sofa bisa dikatakan termasuk salah satu yang paling nyaman untuk ditempati. Ada yang menyebutnya sebagai kursi sofa, sofa bed, bahkan sofa ruang tamu. Apapun sebutannya sebenarnya terdapat jenis sofa yang berdasarkan pada konsep tertentu.

Sofa Lawson sumber Incollect
Sofa Lawson. sumber : Incollect

Sebelum menyimak informasi tentang jenis sofa minimalis, jenis sofa bed, jenis sofa ruang tamu dan lainnya, tidak ada salahnya untuk mengetahui apa yang disebut dengan sofa. Ternyata tempat duduk ini menurut pengertiaanya bukanlah kursi tamu yang formal untuk ditempatkan di lobby atau ruang tamu.

Istilah sofa berasal dari kata Sopha yang merupakan sebutan untuk kursi yang seperti dipan. Kita mengenal dipan sebagai tempat tidur. Jadi sebenarnya furniture ini merupakan kursi yang desainnya dibuat untuk bersantai dengan sandaran, lengan serta berlapis busa yang tebal dan upholstery. Meskipun begitu, furniture yang satu ini juga seringkali dijadikan sebagai pengisi tempat formal untuk menerima tamu.

Dilansir dari Wikipedia, Komponen sofa terdiri dari:

Rangka

Umumnya terbuat dari bahan kayu, jenis kayu yang biasa digunakan sebagai rangka sofa antara lain: jati belanda, kayu jinjing, meranti, mahoni, pinus, dll. Dalam masa perkembangannya, penggunaan sofa dari rangka besi/baja banyak digunakan untuk memperoleh kekuatan serta daya mekanik suatu sofa.

Victoria sumber Pinterest
Victoria, sumber : Pinterest

Sistem pegas

Berfungsi sebagai penahan daya tekan dari dudukan sofa. Sistem pegas biasanya terbuat dari per, tetapi dapat pula menggunakan webbing/karet sebagai penggantinya.

Dudukan

Berfungsi memberikan kenyamanan dalam sebuah sofa. Tingkat kelembutan dari dudukan berbeda-beda pada selera masing-masing individu. Penggunaan dudukan yang terlalu empuk akan menyebabkan covber menjadi kendur, sedangkan dudukan yang terlalu keras akan menyebabkan tingkat kenyamanan sofa menjadi berkurang. Dudukan dibuat dari busa, kadang-kadang digunakan per sebagai bahan penopang untuk menghemat penggunaan busa.

Sandaran

Sandaran dapat dibuat dari busa, dakron, maupun bulu angsa. Penggunaannya tergantung dari model sofa yang dibuat. Sandaran yang terbuat dari bulu angsa memiliki nilai yang tinggi.

Upholstery

Kunci keindahan dari sebuah sofa terletak dari upholstery-nya. Upholstery ini dapat menggunakan fabric kain, dapat juga menggunakan kulit (asli maupun sintetis/oscar). Pemilihan upholstery selayaknya disesuaikan dengan tema ruangan dan selera pengguna sofa.

Tuxedo Viku Furniture
Tuxedo, sumber : Viku Furniture

Jenis Sofa

Furniture yang satu ini memang terdapat berbagai bentuk, warna dan coraknya. Ada jenis sofa minimalis, jenis sofa bed, jenis sofa ruang tamu dan lainnya. Namun tahukah Anda, sebutan untuk berbagai jenis sofa ini menurut konsepnya ternyata berbeda berdasarkan pembuatnya atau konsepnya (tampak luarnya). Berikut beberapa diantaranya.

1. Sofa Lawson

Lawson bukanlah seorang pembuat sofa meskipun nama ini digunakan untuk menyebut salah satu jenis sofa. Thomas Lawson sebenarnya merupakan seorang ahli keuangan pada masa awal abad ke-20. Namun seorang desainer furniture membuatkan untuknya tempat duduk yang nantinya disebut dengan jenis sofa lawson.

Sofa lawson memiliki konstruksi yang sederhana dan desain yang modern seperti keinginan Thomas Lawson. Furniture jenis yang satu ini biasanya terdiri dari 2 hingga 3 dudukan serta dudukan lengan di sisi-sisinya. Saat ini bisa dikatakan jenis sofa lawson ini sering digunakan di rumah diantara berbagai jenis yang ada.

English Roll sumber House and Home
English Roll, sumber : House and Home

2. Sofa Victoria

Sofa Victoria ini mungkin disebut juga dengan sebutan chesterfield memiliki ciri khas yaitu berkancing serta dilapis dengan penutup berupa leather (kulit). Sehingga furniture yang satu ini tampak mengkilap dan elegan dimana hal ini menjadi kebanggan tersediri di masa kerajaan Inggris waktu itu. Sehingga namanya adalah Victoria.

3. Sofa Tuxedo

Sofa tuxedo dibuat terkenal oleh desainer interior Billy Baldwin, tetapi ada banyak iterasi sofa tuksedo. Yang membedakan tuksedo dari gaya lain adalah bentuknya yang kotak. Lengannya hampir selalu sama tinggi dengan punggung dan kakinya berlapis atau terbuka. Furniture minimalis ini tampak bersih dan berjajar geometris, dan sering dilapisi kain.

4. Sofa English Roll

Jika sofa lainnya antara satu bagian dengan bagian lainnya sudah terpasang permanen serta ditutupi pelapis luar baik kulit maupun kain, berbeda dengan jenis english roll. Furniture tempat duduk jenis yang satu ini antara bantalan dan kursinya terpisah dan dapat dibongkar pasang. Memiliki dudukan tangan yang bundar dan rendah serta sering ditambahkan bantal diatasnya.

Mid Century sumber Pamono
Mid Century, sumber : Pamono

5. Sofa Mid-Century

Jenis sofa yang satu ini memiliki ciri khas abad pertengahan sehingga dinamakan mid-century. Pada furniture jenis ini tampak bagian kerangka kayu serta menggunakan kain beludru untuk pembungkus bantalannya. Kerangka kayu sengaja tampak dari luar karena memang menjadi ciri khasnya.

Itu dia lima jenis sofa yang sering kita temui. Bisa saja tanpa kita sadari dan memahami jenisnya, saat ini kita telah memilikinya di rumah. Bagi Anda yang membutuhkan berbagai furniture untuk rumah dan furniture kantor, silahkan kunjungi toko online furniture godean, Santi Mebel.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *