Butuh bantuan? Hubungi admin disini

8 Jenis Kayu Furniture Terbaik yang Sering Digunakan

Jenis kayu olahan untuk furniture, sumber custommebel.com

Dalam pembuatan furniture atau produk mebel dengan bahan dasar kayu tidaklah dipilih secara sembarangan. Ada beberapa jenis tertentu yang digunakan agar kualitas dan hasil dari furniture terlihat lebih indah. Karena jenis kayu yang digunakan menentukan seberapa baik dan bagus untuk dijadikan sebagai elemen pelengkap pada tampilan rumah.

Dari sekian banyak kayu hanya beberapa jenis saja yang sering digunakan dalam pembuatan furniture. Hal ini dikarenakan kayu tersebut dirasa lebih cocok dan pas bila digunakan sebagai bahan utama untuk dijadikan berbagai produk mebel. Jenis kayu yang digunakan semua berasal dari Indonesia sehingga, cukup memudahkan para pengrajin dalam proses pembuatannya.

Kualitas dari kayu menjadi salah satu faktor utama untuk dipilih dan digunakan sebagai bahan dari pembuatan produk mebel. Mengetahui kayu furniture yang sering digunakan bisa menjadi informasi terbaik bagi Anda yang suka dengan produk mebel berbahan dasar kayu. Karena ketika sudah diolah menjadi sebuah produk mebel akan terlihat sama dan akan sedikit sulit untuk membedakannya.

Jenis Kayu untuk Furniture

Bisa Anda simak berikut ini beberapa jenis kayu furniture yang sering digunakan diantaranya:

1. Kayu Jati

Meja set kayu jati, sumber: catkayu.com
Meja set kayu jati, sumber: catkayu.com

Penggunaan kayu jati pada produk mebel tentunya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi. Karena jenis kayu ini cukup populer dan menjadi pilihan terbaik untuk dijadikan berbagai jenis produk mebel. Sehingga sudah tak heran lagi bila Anda mencari produk furniture yang berbahan kayu akan lebih di dominasi oleh kayu jati. Salah satu contohnya seperti rak sepatu kayu jati yang sangat terkenal dan populer digunakan.

Kelebihan dari kayu jati diantaranya seperti warnanya tidak mudah pudar, memiliki struktur kayu yang kuat, tahan terhadap guncangan, dan awet digunakan bertahun-tahun lamanya. Untuk tampilannya juga terlihat lebih natural dan elegan yang diperoleh dari lapisan warna serat kayunya yang khas. Inilah yang menjadi alasan utama mengapa banyak orang tertarik untuk menggunakan produk mebel dengan bahan kayu jati.

2. Kayu Mahoni

Meja kerja dengan bahan kayu mahoni, sumber: seputarfurniture.com
Meja kerja dengan bahan kayu mahoni, sumber: seputarfurniture.com

Terkenal akan serat kayunya yang halus menjadikan kayu mahoni juga banyak dijadikan sebagai bahan utama dari pembuatan produk furniture. Kualitasnya hampir sama dengan kayu jati hanya saja kayu mahoni berada satu tingkat dibawahnya dari segi keawetan dan kekuatan. Jenis kayu ini ternyata sangat diminati oleh orang Eropa jika sudah dijadikan sebagai produk furniture.

Untuk membedakannya dengan jenis kayu lainnya terdapat pada tampilan warnanya. Dimana, warna dari kayu mahoni berwarna kemerahan dan kecoklatan inilah yang menjadi ciri khasnya. Namun, disisi lain ada kekurangan dari kayu mahoni yaitu, kekuatan kayunya yang tidak terlalu kuat sehingga mudah diserang hama. Jadi, adanya baiknya bila Anda menggunakan produk furniture berbahan kayu mahoni untuk sering dilakukan perawatan agar tetap awet.

3. Kayu Sonokeling

Lemari kayu sonokeling, sumber idea.grid.id
Lemari kayu sonokeling, sumber: idea.grid.id

Untuk jenis kayu yang satu ini tentunya tidak cukup familiar dari namanya. Namun, kayu sonokeling cukup populer digunakan sebagai bahan utama dalam pembuatan furniture. Sama dengan jenis kayu lainnya yaitu, awet dan kuat digunakan dalam jangka waktu yang cukup lama. Kelebihan lainnya adalah memiliki permukaan kayu yang halus dan pola seratnya yang cukup indah.

Jenis produk furniture yang sering menggunakan kayu sonokeling sebagai bahan utamanya seperti kursi, sofa, dan meja. Ciri khas dari kayu yang satu ini adalah memiliki warna yang cukup gelap, sehingga sering dikenal dengan sebutan kayu hitam. Terdapat kandungan getah alami membuat kayu sonokeling dapat mengusir dan terhindar dari serangan hama seperti hewan rayap.

4. Kayu Pinus

Meja makan set berbahan kayu pinus, sumber indonesian.alibaba.com
Meja makan set berbahan kayu pinus, sumber: indonesian.alibaba.com

Mungkin masih banyak yang belum mengetahui bahwa kayu pinus juga sering digunakan sebagai bahan dari pembuatan furniture. Sifat kayunya yang kaku, tahan guncangan, dan tidak mudah berubah bentuk sehingga cocok digunakan untuk furniture. Tampilan warnanya yang berwarna muda cerah menjadi ciri khas dari kayu ini sehingga mudah untuk dikenali.

Karena memiliki sifat yang kaku sehingga hanya beberapa bentuk produk furniture tertentu saja yang bisa menggunakan kayu pinus. Rumah yang menerapkan konsep desain interior bergaya rustic akan sangat cocok menggunakan kayu furniture pinus. Karena tampilan dan warna dari serat kayu yang bisa menyatu dengan mudah pada berbagai kondisi suasana.

5. Kayu Merbau

Meja rapat berbahan kayu merbau, sumber id.carousell.com
Meja rapat berbahan kayu merbau, sumber: id.carousell.com

Tampilan jenis kayu merbau hampir sama dengan kayu jati hanya saja, warna dari kedua kayu ini yang membedakan. Kayu merbau cenderung memiliki warna yang cukup bervariasi mulai dari coklat kemerahan, kuning kecoklatan, hingga hitam. Karakteristik dari kayu ini cukup unik yaitu, memiliki motif kasar dan bermotif garis lurus. Sering digunakan untuk membuat produk furniture pada ruangan outdoor.

Banyak digunakan sebagai furniture outdoor dari rumah dikarenakan kayu merbau memiliki kelebihan anti dari serangan hewan rayap. Selain itu, struktur kayunya yang cukup kuat menjadikannya mampu bertahan lama pada kondisi di luar rumah. Sehingga sangat cocok bila memilih produk furniture rumah berbahan kayu merbau.

6. Kayu Sungkai

Meja ngopi set berbahan kayu sungkai, sumber bramblefurniture.com
Meja ngopi set berbahan kayu sungkai, sumber: bramblefurniture.com

Terkenal akan kayunya yang cukup keras, kayu sungkai selain dijadikan sebagai bahan furniture bisa juga digunakan sebagai struktur rangka dari atap rumah. Tampilan warna dari kayu ini hampir sama dengan kayu pinus hanya saja warnanya mendekati warna krem. Rumah dengan konsep minimalis banyak menggunakan kayu sungkai sebagai pilihannya. Hal ini dikarenakan tampilan dari warna dan seratnya dapat selaras dengan konsep desain minimalis.

Produk mebel sering menggunakan kayu ini sebagai bahan utamanya dan banyak dijadikan sebagai produk pakai seperti meja, kursi, dan lain sebagainya. Untuk keawetan dan kekuatan dari kayu sungkai tidak jauh berbeda dengan jenis kayu lainnya. Disisi lain harganya yang cukup terjangkau bisa menjadi alternatif furniture dari kayu jati atau mahoni.

Sebenarnya masih banyak jenis kayu solid lainnya yang biasa digunakan juga sebagai bahan utama dari pembuatan furniture. Beberapa jenis kayu di atas yang lebih sering dan populer digunakan karena terkenal akan kualitasnya. Tinggal disesuaikan kembali dengan kebutuhan ketika ingin menggunakan kayu furniture sebagai pilihan untuk mendekorasi rumah.

Semoga dengan berbagai penjelasan dari informasi yang sudah disampaikan dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda. Jangan lupa untuk tetap selalu update informasi menarik lainnya hanya di laman Santi Mebel Godean.

Leave a Reply

Your email address will not be published.