Inspirasi Ruang Baca di Rumah, Mendukung Kenyamanan Membaca

Perpustakaan di rumah dengan gaya rustic, Sumber: Pinterest

Membaca merupakan sebuah kegiatan positif yang perlu dilakukan oleh siapa saja. Bahkan kegiatan ini perlu ditanamkan sejak dini. Karena membaca adalah salah satu kegiatan positif yang penting, jadi tidak ada salahnya jika Anda mulai memikirkan untuk membuat ruang baca di rumah untuk mendukung kenyamanan membaca.

Dengan adanya ruang baca atau perpustakaan mini di rumah, Anda tidak perlu lagi jauh-jauh untuk ke perpustakaan umum hanya untuk membaca buku. Pada dasarnya ruang baca tidak perlu dibuat dengan mewah, cukup dengan desain sederhana tapi nyaman pun sudah bisa Anda gunakan.

Pada saat membuat ruang baca tersebut, Anda juga bisa menambahkan berbagai furniture sebagai penunjangnya. Misalnya saja seperti sofa, bean bag, hingga kursi ergonomis. Hal tersebut tentu saja untuk membuat suasana ruang baca semakin cantik, sehingga Anda bisa membaca berbagai buku bacaan dengan nyaman.

Inspirasi Desain Ruang Baca Sederhana di Rumah

Jika disekolah terdapat kegiatan pojok baca, maka di rumah pun juga bisa. Hanya dengan membuat ruang baca yang nyaman nan sederhana, sudah bisa merealisasikan kegiatan ini. Jadi meskipun di rumah, tidak ada alasan untuk tidak membaca. Ketika Anda memiliki anak, hal tersebut bisa Anda terapkan.

Ada berbagai inspirasi mengenai desain ruang baca di rumah yang bisa Anda terapkan. Anda bisa bebas berkreasi sesuai dengan konsep yang diinginkan. Berikut beberapa inspirasi desain ruang baca di rumah yang perlu Anda simak.

1. Desain Minimalis dengan Warna Soft

Cantik dan nyaman, 2 kata tersebut dapat tergambarkan melalui gambar di bawah ini. Desain dari ruang baca yang minimalis ini memberikan nuansa yang nyaman sekaligus terlihat cantik. Pemilihan warna abu-abu soft semakin membuat tampilannya memukau.

Meskipun didominasi oleh warna yang senada, namun ada meja kecil berwarna hijau pastel yang menyegarkan ruangan. Dengan adanya meja kecil berwarna sedikit terang tersebut membuat tampilan dari ruang baca tersebut tidak monoton.

Ruang baca minimalis di rumah, Sumber: contemporist.com
Ruang baca minimalis di rumah, Sumber: contemporist.com

2. Desain Modern Nan Sederhana

Inspirasi ruang baca di rumah selanjutnya menampilkan sisi futuristik yang modern. Hal ini bisa Anda lihat dari warna emas pada pigura yang dipajang di sekitar rak. Warna emas tersebut menunjukkan sisi modern yang berkelas namun tetap sederhana.

Hampir mirip dengan desain sebelumnya, ruang baca yang satu ini juga didominasi dengan warna yang soft. Pemilihan warna abu-abu masih menjadi favorit bagi sebagian orang. Hal ini dikarenakan warna tersebut netral, sehingga bisa dipadu-padankan dengan berbagai furniture lainnya.

Di ruang baca ini juga tersebut sofa yang nyaman untuk membaca buku bacaan. Adanya sofa ini dapat membuat posisi duduk Anda benar ketika membaca buku terlalu lama. Kadang kala, seseorang menjadi lupa waktu karena keasyikan membaca. Oleh karena itu, sofa yang nyaman diperlukan untuk menunjangnya.

Ruang baca minimalis modern di dekat jendela, Sumber: elledecor.com
Ruang baca minimalis modern di dekat jendela, Sumber: elledecor.com

3. Desain Ruang Baca yang Bersatu dengan Ruang Tamu

Apakah rumah Anda memiliki keterbatasan ruangan? Tidak perlu khawatir, karena ada berbagai cara untuk mengatasinya. Meskipun Anda tidak memiliki cukup ruang lagi di rumah, namun Anda tetap bisa membuat ruang baca yang diinginkan.

Salah satu solusi yang bisa Anda gunakan adalah dengan menyatukan ruang baca dengan ruang tamu. Meskipun terasa aneh dan tidak biasa, namun bisa menjadi solusi untuk rumah yang sempit. Jadi selain menempatkan sofa ruang tamu, Anda bisa sekaligus menambahkan rak buku untuk meletakkan berbagai koleksi buku disana.

Reading room di ruang tamu, Sumber: mydomaine.com
Reading room di ruang tamu, Sumber: mydomaine.com

4. Konsep Outdoor di Sekitar Tangga

Untuk konsep ruang baca di rumah berikutnya sedikit berbeda. Jika biasanya ruang baca terletak di dalam ruangan yang tertutup, kali ini ruang baca memiliki konsep outdoor. Adanya ruang baca dengan konsep outdoor ini memberikan pengalaman membaca yang berbeda.

Apalagi terdapat banyak tanaman hijau yang mengelilingi ruangan tersebut. Bahkan Anda bisa menempatkan berbagai tanaman hias kesukaan Anda disana. Jika melihat gambar di bawah ini, bagian rak buku ditempatkan di sekitar area tangga.

Desain yang satu ini bisa menjadi inspirasi Anda untuk membuat area tangga tidak terasa hampa. Jadi Anda bisa mengisi area tangga dengan berbagai koleksi buku yang Anda miliki. Bagaimana, tertarik untuk menggunakan konsep outdoor yang satu ini?

Perpustakaan pribadi di sekitar tangga rumah, Sumber: thespaces.com
Perpustakaan pribadi di sekitar tangga rumah, Sumber: thespaces.com

5. Desain Rustic yang Berkelas

Siapa bilang interior rustic jadul dan tidak keren? Jika Anda melihat ruang baca yang satu ini, pasti pikiran Anda akan teralihkan. Gaya rustic yang didominasi dengan kayu alami tanpa finishing ini nyatanya tampak keren dan estetik. Suasana dari gaya rustic ini juga cukup berbeda dari yang lainnya.

Anda bisa merasakan ketenangan seakan-akan berada di dalam hutan yang tenang. Suasana hangat dari kayu pun juga akan memberikan nuansa ketenangan. Anda bisa menambahkan reed diffuser atau lilin aromaterapi yang memiliki bau seperti di alam. 

Dengan begitu, Anda bisa merasakan nuansa membaca buku seperti di alam tanpa harus jauh-jauh memasuki hujan. Bahkan jika Anda memiliki taman kecil di luar, Anda bisa memberikan jendela besar di ruangan tersebut dengan menghadap ke area taman. Nuansa seperti di alam pun akan semakin terasa.

Perpustakaan di rumah dengan gaya rustic, Sumber: Pinterest
Perpustakaan di rumah dengan gaya rustic, Sumber: Pinterest

6. Memanfaatkan Loteng Rumah

Untuk Anda yang memiliki loteng di rumah, daripada dibiarkan saja akan lebih baik dimanfaatkan. Anda bisa memanfaatkan bagian loteng tersebut menjadi ruang baca yang bermanfaat. Cukup dengan desain yang sederhana, ruang baca di loteng ini akan terasa nyaman.

Hal yang paling penting adalah buatlah suasana yang bersih dan terang, agar menghilangkan nuansa menyeramkan di bagian loteng. Selain itu Anda juga bisa memberikan jendela kaca di bagian atasnya agar cahaya matahari bisa masuk.

Anda juga bisa menambahkan beberapa sofa untuk tempat bersantai. Dengan begitu, Anda tetap bisa membaca dengan nyaman meskipun berada di loteng.

Reading room sederhana di bagian loteng, Sumber: houzz.co.uk
Reading room sederhana di bagian loteng, Sumber: houzz.co.uk

7. Bisa Jadi Ruang Makan Sekaligus Ruang Baca

Inspirasi ruang baca di rumah berikutnya ini sedikit tidak biasa. Jika tadi ruang baca bersatu dengan ruang tamu, kali ini ruang baca akan bersatu dengan ruang makan. Terasa aneh bukan? Meskipun aneh, namun nyatanya ruang baca yang satu ini tetap bisa digunakan dengan nyaman.

Bahkan Anda bisa menambahkan sofa di bagian jendela seperti gambar di bawah ini. Kemudian untuk rak bukunya, Anda bisa membuatnya mengelilingi area makan tersebut. Bersatunya ruang makan dan ruang baca ini sebenarnya cukup menyenangkan. Pasalnya Anda bisa dengan mudahnya untuk mengambil makanan maupun minuman.

Ruang makan dan ruang baca yang bersatu, Sumber: Pinterest
Ruang makan dan ruang baca yang bersatu, Sumber: Pinterest

Itulah tadi beberapa desain ruang baca di rumah yang bisa Anda jadikan inspirasi. Perlu Anda ketahui bahwa sebagian besar ruang baca membutuhkan sofa sebagai tempat duduk yang nyaman untuk membaca. Jadi pastikan Anda memilih sofa yang berkualitas sebagai penunjang ruangan tersebut.

Jika Anda berada di Jogja, Anda bisa mengunjungi Santi Mebel untuk memilih model sofa yang Anda inginkan. Silahkan menghubungi kami lebih lanjut perihal kebutuhan sofa yang akan Anda letakkan di ruang baca tersebut ya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *