Skandinavian Furniture, Gaya Mebel Sederhana Namun Populer

Ruang makan bergaya skandinavian, Sumber: bculinarylab.com

Memiliki sebuah rumah dengan berbagai furniture yang melengkapinya merupakan kepuasan tersendiri bagi pemilik rumah. Namun yang perlu diingat adalah furniture tersebut harus tetap menekankan pada fungsi utamanya. Ini juga yang dimiliki oleh furniture skandinavian.

Skandinavian merupakan sebuah desain yang menerapkan konsep sederhana namun elegan. Skandinavian identik dengan pemilihan warna netral, namun tidak jarang juga dominan dengan warna putih. Selain itu, skandinavian juga tidak lepas dari kesan alami dan natural.

Kesan alami pada skandinavian, bisa diperoleh dengan menambahkan tanaman di dalam ruangan dan juga pemilihan furniture. Furniture untuk konsep skandinavian biasanya menggunakan material kayu solid. Selain memberikan kesan natural, penggunaan kayu juga bisa membuat ruangan menjadi lebih menarik.

Konsep skandinavian, Sumber: id.pinterest.com
Konsep skandinavian, Sumber: id.pinterest.com

Karakteristik Furniture Skandinavian

Setiap furniture yang ada di sebuah rumah pastinya memiliki karakteristiknya masing-masing. Sama halnya dengan furniture skandinavian. Karakteristik yang dimiliki oleh furniture skandinavian tentunya bisa menjadi pembeda dengan furniture-furniture lainnya. Apa saja karakteristik yang dimiliki oleh furniture skandinavian, berikut penjelasannya.

1. Warna Netral

Warna merupakan salah satu aspek penting yang selalu menjadi acuan untuk sebuah furniture. Untuk furniture skandinavian, warna yang dipilih harus memberikan ketenangan bagi pemiliknya. Warna-warna yang dipilih untuk furniture skandinavian biasanya warna netral seperti putih, pastel, abu-abu, krem, dan lain-lain.

Namun meskipun begitu, Anda tetap bisa mengkombinasikan warna-warna netral dengan warna yang lebih terang. Hal tersebut berguna untuk memberikan kesan hangat bagi pemiliknya.

2. Material Alami

Salah satu karakteristik yang paling menonjol dari furniture skandinavian adalah penggunaan material alami, yaitu kayu. Hampir semua furniture yang ada memiliki elemen kayu yang sangat kental. Material pembuatan furniture yang banyak digunakan adalah kayu solid.

Warna dan serat alami dari kayu solid akan memberikan sebuah perpaduan warna yang sangat indah. Selain itu, kayu solid juga terkenal memiliki ketahanan yang kuat, jika dirawat dengan baik tentu akan tahan lama.

3. Aksen Sederhana

Skandinavian sangat khas dengan aksen-aksen yang sederhana dan tidak berlebihan. Furniture skandinavian umumnya cenderung mengaplikasikan gaya-gaya sederhana yang menjurus ke minimalis tanpa detail-detail yang rumit.

Penerapan Furniture Skandinavian Pada Setiap Ruangan Rumah

Konsep skandinavian identik dengan pemilihan furniture yang simpel namun tetap menekankan pada fungsi utamanya. Oleh sebab itu, Anda perlu memilih furniture yang benar-benar fungsional untuk setiap ruangan di rumah Anda. Berikut ini merupakan penerapan furniture skandinavian untuk ruangan di rumah Anda.

1. Skandinavian pada Ruang Tamu

Ruang tamu merupakan sebuah ruangan yang dimanfaatkan untuk menerima tamu. Ruangan ini menjadi ruang pertama yang dimasuki ketika Anda masuk ke dalam rumah. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk membuat ruang tamu menjadi nyaman dan menarik.

Hal ini bertujuan untuk membuat nyaman pemilik rumah maupun tamu yang berkunjung. Jika Anda menyukai tampilan yang bersih, rapi, dan sederhana, maka Anda bisa menerapkan konsep skandinavian pada ruang tamu Anda. 

Umumnya, konsep skandinavian tampil dengan sederhana, rapi, minimalis, dan tenang. Hal ini juga diterapkan pada pemilihan furniturenya. Furniture yang digunakan biasanya simpel, tidak berukuran besar, dan yang terpenting adalah menekankan pada fungsi.

Misalnya seperti pemilihan kursi tamu, ukuran kursi tamu pada konsep skandinavian biasanya relatif mungil dengan warna-warna netral seperti abu-abu, putih, krem, hingga biru. Berbagai perabotan rumah dengan warna-warna netral akan sangat mudah dikombinasikan dengan warna-warna lainnya.

Skandinavian pada ruang tamu, Sumber: comfyliving.net
Skandinavian pada ruang tamu, Sumber: comfyliving.net

2. Skandinavian pada Ruang Keluarga

Ruang keluarga merupakan tempat dimana seluruh anggota keluarga berkumpul atau sekedar bercengkrama bersama. Memiliki interior yang cantik dengan dekorasi yang pas tentu akan memberikan kenyamanan bagi penghuninya. Untuk menunjang kenyamanan tersebut, Anda bisa menggunakan konsep skandinavian pada ruang keluarga Anda. 

Skandinavian identik dengan warna netral dan tenang. Untuk melengkapi ruang keluarga skandinavian, Anda bisa menggunakan furniture dengan dengan warna putih, abu-abu, dan warna pastel yang lembut.

Anda juga bisa memilih furniture dari material kayu alami. Material kayu yang dihadirkan pada furniture skandinavian akan menghadirkan kesan alami dan natural. Untuk memperkuat kesan alami pada ruang keluarga, Anda bisa menambahkan beberapa tanaman indoor.

Konsep skandinavian pada ruang keluarga, Sumber: id.pinterest.com
Konsep skandinavian pada ruang keluarga, Sumber: id.pinterest.com

3. Konsep Skandinavian pada Kamar Tidur

Mendesain kamar tidur menjadi nyaman, tenang, dan menarik merupakan point penting. Hal ini mengingat kamar tidur merupakan tempat yang digunakan untuk menghabiskan sebagian besar waktu yang dimiliki. Mendesain kamar tidur dengan konsep skandinavian bisa menjadi solusi yang tepat bagi Anda. 

Anda bisa mengkombinasikan furniture-furniture pada kamar tidur Anda dengan material alami dan warna-warna soft. Anda bisa memilih lemari klasik yang identik dengan material kayu pada kamar tidur Anda. Agar kamar tidur Anda semakin nyaman, Anda bisa juga menambahkan karpet, dekorasi dinding, dan juga kesan alami dari tanaman.

Perpaduan kesan alami dengan warna-warna netral, akan membuat suasana kamar tidur Anda menjadi lebih nyaman. Dengan begitu, Anda akan semakin betah menghabiskan waktu di dalam kamar.

Kamar tidur skandinavian, Sumber: impressiveinteriordesign.com
Kamar tidur skandinavian, Sumber: impressiveinteriordesign.com

4. Ruang Makan dengan Konsep Skandinavian

Salah satu karakteristik rumah skandinavian adalah warna dominan putih. Rumah dengan konsep skandinavian mengedepankan penataan ruangan yang rapi dan bersih. Anda bisa menerapkan konsep ini pada ruang makan Anda.

Anda bisa memberikan sentuhan warna putih di setiap sudut ruangan. Selain itu, pastikan juga Anda menata berbagai furniture ruang makan dengan rapi. Satu hal yang terpenting adalah pilihlah furniture yang simpel dan sederhana namun tetap menarik.

Ruang makan bergaya skandinavian, Sumber: bculinarylab.com
Ruang makan bergaya skandinavian, Sumber: bculinarylab.com

5. Skandinavian pada Dapur

Memilih furniture sederhana seperti rak-rak susun dan kitchen set merupakan point penting untuk dapur skandinavian Anda. Untuk semakin memperkuat konsep skandinavian yang diusung, Anda bisa memilih furniture dari material kayu solid. Serat alami yang diciptakan dari kayu, akan bernilai estetika untuk furniture dapur Anda.

Konsep dapur skandinavian, Sumber: bunnings.co.nz
Konsep dapur skandinavian, Sumber: bunnings.co.nz

Itulah penerapan furniture skandinavian yang bisa mempercantik hunian Anda. Pilihlah furniture yang benar-benar Anda butuhkan namun tetap fungsional. Karena pada dasarnya konsep skandinavian adalah sederhana tanpa detail-detail yang rumit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *