Butuh bantuan? Hubungi admin disini

Tips Memilih Lemari Pakaian Untuk Kamar Anda!

Lemari pakaian putih minimalis, sumber asiafurniture.id

Menata sebuah furniture di kamar bukanlah salah satu hal yang akan terasa sulit. Hal ini bisa saja terjadi bila Anda belum mengetahui cara yang benar dan tepat dalam menata furniture. Salah satu furniture yang butuh penempatan yang tepat adalah lemari pakaian. Namun, tak perlu khawatir karena ada tips memilih lemari pakaian yang akan membantu.

Ukurannya yang besar dan membutuhkan space tempat yang cukup. Mengaharuskan Anda untuk dapat memilih model lemari pakaian yang tepat dan sesuai. Dimana ukuran dari lemari yang digunakan tentunya harus disesuaikan terhadap luas area kamar.

Kebutuhan akan lemari tentu sudah menjadi jenis furniture yang wajib dimiliki. Karena fungsinya bukan hanya sebagai tempat menyimpan pakaian tapi, juga barang pribadi lainnya. Dengan menggunakan lemari kamar pun akan lebih tertata dan baju dapat disimpan dengan rapih dan aman.

Ditambah dengan desain atau model lemari yang terus mengalami perubahan dan perkembangan setiap tahunnya. Tentu akan membuat Anda semakin bingung memilih desain lemari yang pas dan sesuai untuk kamar. Berikut ini tips memilih lemari pakaian yang bisa Anda ikuti dan terapkan diantaranya:

1. Mengukur/Mengetahui Luas Kamar

Desai ukuran kamar tidur, sumber kamartidur.com
Desai ukuran kamar tidur, sumber: kamartidur.com

Tips memilih lemari pakaian pertama yang harus Anda lakukan adalah mengetahui luas kamar. Hal ini dilakukan untuk mengetahui ukuran lemari yang bisa digunakan atau ditempatkan di kamar. Tak perlu khawatir karena lemari pakaian tersedia dalam berbagai ukuran. Sehingga berbagai ukuran kamar tetap bisa menggunakan lemari pakaian.

Pemilihan desain atau model lemari juga akan berpengaruh pada ukurannya. Seperti jika Anda menginginkan lemari pakaian dengan pintu geser. Minimal ukuran space atau tempat yang harus disediakan adalah 1,8 meter. Sedangkan untuk lemari pakaian dua pintu tidak memerlukan space yang cukup luas yaitu, sekitar 60-90 cm.

2. Menentukan Jenis Barang yang Akan Disimpan

Lemari bukan hanya memiliki fungsi untuk menyimpan pakaian. Melainkan bisa juga menyimpan barang pribadi lainnya yang bersifat privasi dan lainnya. Sehingga menentukan jenis barang yang akan disimpan perlu ditentukan untuk mendapatkan lemari yang sesuai.

Jika lemari yang akan digunakan di kamar bukan hanya untuk menyimpan pakaian saja. Maka, pemilihan lemari dengan ukuran yang lebih besar dan ruang penyimpanan yang cukup menjadi pilihannya. Berbeda halnya jika hanya digunakan untuk menyimpan pakaian saja. Lemari pakaian dengan ukuran minimalis bisa menjadi pilihannya.

3. Memilih Jenis Material Lemari yang Tepat

Dengan terus berkembangnya zaman banyak jenis material lemari yang terbuat dari bahan buatan dan alami. Tentu kedua jenis material buatan dan alami memiliki daya tahan dan kekuatan yang berbeda-beda. Tinggal disesuaikan lagi dengan kebutuhan Anda dan akan digunakan untuk menyimpan apa saja.

Jenis material yang digunakan pada lemari juga akan mempengaruhi harganya. Bila menggunakan bahan alami seperti lemari kayu jati tentu harganya akan lebih tinggi sesuai dengan kualitasnya. Namun, jika Anda ingin menghemat budget bisa memilih bahan buatan seperti medium density fiberboard.

4. Sesuaikan Model Lemari Dengan Desain Kamar

Model lemari pakaian, sumber dekoruma.com
Model lemari pakaian, sumber: dekoruma.com

Tips memilih lemari pakaian yang satu ini harus bisa dicermati dengan baik dan benar. Karena terkadang model lemari yang unik dan menarik akan membuat Anda bingung memilihnya. Hal ini tentu dikarenakan dengan model lemari yang diinginkan tidak sesuai dengan desain kamar.

Kamar akan terlihat lebih indah dan rapih bila pemilihan berbagai furniture senda dan pas dengan desainnya. Termasuk lemari pakaian yang akan Anda gunakan, tentu perlu untuk disesuaikan dengan desain kamar. Jadi, pilihlah model lemari yang sesuai dengan desain kamar dan kebutuhan.

5. Pilihlah Bagian Dalam Lemari Sesuai Kebutuhan

Dalam memilih model lemari pakaian jangan lupa juga untuk sesuaikan dengan kebutahan saat penggunaannya. Anda harus lihat juga bagian dalam lemarinya apakah memiliki susunan peyimpanan sesuai dengan kebutuhan. Karena bagian dalam dari lemari tersusun ruang penyimpan seperti untuk cabinet, laci, dan rak gantung.

Sehingga bisa dikatakan bagian dari dalam lemari menjadi sangat penting setelah model dan ukurannya. Pilihlah lemari yang dapat mempermudah Anda saat menggunakannya, untuk menyimpan pakaian dan berbagai barang lainnya. Dengan begitu semua barang yang dimiliki dapat disimpan dalam satu lemari yang sama.

6. Tepat Memilih Jenis Pintu Lemari Pakaian

Lemari pakaian memiliki berbagai desain pintu yang fungsional untuk kemudahan para penggunanya. Mulai dari yang hanya menggunakan cover (penutup) seperti kain hingga pintu yang bisa digeser. Jenis pintu seperti ini bukan hanya disesuaikan dengan luas kamar. Tetapi, disesuaikan juga dengan kenyamanan Anda saat menggunakannya.

Mungkin terlihat tidak begitu terlalu penting namun, akan sangat terasa pada saat Anda menggunakannya. Untuk dapat merasakan kenyamanan dari jenis pintu lemari Anda bisa mencobanya hingga merasa nyaman sebelum membelinya.

7. Pastikan Kembali Konstruksi Lemari Pakaian

Sebelum memutuskan model lemari yang akan dibeli atau digunakan di kamar. Pastikan kembali lemari yang Anda pilih memiliki kontruksi yang kuat dan kokoh. Karena terkadang model lemari tidak menjamin dari kontruksinya. Sehingga perlu adanya pemerikasaan kembali untuk memastikan bahwa konsstruksinya sudah sesuai dan kuat.

Karena bila Anda tidak memastikan kembali kontruksi lemari yang Anda beli. Kemungkinan besar pemakaian lemari tidak dapat digunakan dalam jangka panjang (lama). Sehingga mengharuskan Anda untuk membeli lemari pakaian lagi. Tentu hal ini akan membuat keuangan menjadi sedikit lebih boros dan pemakaian furniture yang tidak efisien.

8. Sesuaikan Dengan Budget yang Dimiliki

Menghitung jumlah tabungan, sumber pfimegalife.co.id
Menghitung jumlah tabungan, sumber: pfimegalife.co.id

Tips memilih lemari pakaian yang terakhir adalah sesuaikan dengan budget yang dimiliki. Karena harga dari lemari pakaian memiliki harga yang bervariasi mulai dari murah hingga mahal. Tentu harga yang diberikan sesuai dengan kualitas lemari pakaiannya. Sehingga Anda perlu bijak dalam memilih lemari yang akan digunakan di kamar.

Jika dilihat pada perkembangan lemari pakaian saat ini. Dimana, harga yang murah dan menengah Anda sudah bisa mendapatkan lemari pakaian dengan kualitas yang cukup baik. Tentu ini bisa dimanfaatkan dengan baik bagi Anda yang memiliki budget yang terbatas. Yaitu, dengan memilih secara tepat sesuai dengan kebutuhan.

Itulah tips memilih lemari pakaian yang dapat dibagikan pada kesempatan kali ini. Jika Anda ingin membeli lemari pakaian harga terjangkau, bisa langsung kunjungi Santi Godean. Mebel Jogja menyediakan berbagai keperluan furniture rumah dengan koleksi yang cukup lengkap.

Semoga informasi yang telah disampaikan dapat bermanfaat dan berguna bagi Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published.